Safari Dakwah Sumatera Selatan

675 Views

Diantara program rutin Yayasan Islam At-Tanmia Cibubur adalah melakukan Safari Dakwah, yaitu perjalanan ke luar kota dalam rangka melakukan agenda-agenda dakwah seperti Dauroh Du’at (Pelatihan dan Pembekalan untuk Para Da’i), Tablig Akbar, Konsolidasi Dakwah dan Pendistribusian Mushaf Al-Quran, Buku Iqro dan Buku Pegangan untuk Para Da’i.

Safari Dakwah kali ini kami lakukan di beberapa titik di Provinsi Sumatera Selatan. Karena waktu yang cukup terbatas dan singkat, yaitu antara 4-7 Oktober 2021, maka Safari Dakwah ini kami isi dengan dua agenda utama yaitu Konsolidasi Dakwah dan Pendistribusian Mushaf Al-Quran.

Konsolidasi Dakwah
Dakwah adalah kewajiban setiap individu Muslim. Maka setiap Muslim dimanapun berada di kolong langit ini memiliki ke-fardhu-an melakukan tugas mulia ini. Sangat tegas Allah berfirman :

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS: Ali Imran: 110).

Allah menggunakan diksi كنتم , artinya “Kamu Semua”, tanpa memandang apakah “Objek Kamu” disini sebagai Ust., tenaga pengajar, petani, pedagang ataupun profesi yang lainnya. Karena kesamaan Visi Dakwah inilah, setiap Muslim perlu melakukan Konsolidasi Dakwah agar tercipta kondisi dakwah yang solid, saling membantu dan menguatkan. Maka kami bersilaturahim dengan bebrpa Da’i di Sematera Selatan ini, yaitu dengan Ust. Ahmad Rifai Kurnianto, Lc., M.A. di Kota Palembang, Ust. Amal Qosim, Lc., Ust. Faizal, Lc., Ust. Suradi, Lc. di Kabupaten Musi Banyuasin, Ust. Ainul Wafa, Lc., di Kabupaten Ogan Ilir dan Akh Hadi seorang alumnus salah satu pesantren di Bondowoso yang kini tinggal di daerah transmigrasi Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin yang kami tempuh sekitar lima jam dari pusat kota dengan kondisi sebagian jalan yang berdebu dan belum dicor.

Program Beasiswa Pendidikan Kader Da’i
Beberapa hal kami diskusikan dengan Para Da’i soal kondisi dakwah dan kebutuhan umat, diantaranya adalah program beasiswa pendidikan untuk kader da’i. Kami sampaikan program pesantren pengkaderan da’i yang kami bina di Cibubur. Kami membuka kesempatan untuk calon-calon da’i di daerah tak terkecuali Sumatera Selatan untuk mengikuti program ini, yang kemudian bisa kembali ke daerah masing-masing untuk berdakwah dengan bekal ilmu yang telah ditimba di Pesantren kami.

Pendistribusian Mushaf Al-Quran
Agenda kami yang lain dalam Safari Dakwah kali ini adalah Pendistribusian Mushaf Al-Quran. Alhamdulillah 200 eksemplar Mushaf telah kami distribusikan di melalui bebrapa mushalla, pesantren, sekolah dan rumah tahfidz di Sumatera Selatan. Semua Mushaf ini adalah wakaf dari pada donatur yang mengamanahkan donasinya melalui Yayasan kami. Pada akhirnya kami berdoa semoga Allah melipatgandakan pahala untuk para donatur dan semoga Allah mengokohkan kita dalam meniti jalan dakwah di muka bumi ini. Amin.

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!