Peristiwa-peristiwa Besar Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

1 View

Dari perisiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan Ramadhan dan dicatat oleh sejarah sebagai peristiwa yang istimewah, dimana dampak dan pengaruhnya menjadi bukti nyata bagi kaum muslimin akan kebenaran Ajaran yang dibawa oleh Nabi kita Muhammad ﷺ, juga bukti bahwasanya Agama ini tidak akan perna luput dari penjagaan dan pertolongan Allah SWT, diantaranya :

1. Peristiwa Turunnya Al-Qur’an

Nuzulul
peristiwa ini adalah peristiwa yang paling agung, wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhanmmad ﷺ berupa Al Quran melalui Malaikat Jibril di Gua Hira Makkah, Merupakan pedoman hidup bagi kaum muslimin, juga Mukjizat terbesar Baginda kita Muhammad ﷺ. Peristiwa tersebut terjadi 13 tahun sebelum hijrah atau 610 Masehi, dan bertepatan pada bulan Ramadhan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah: 185)

2. Perang Badar

badar
Perang badar terjadi pada 17 Ramadhan Tahun ke 2 Hijriah. Perang ini adalah perang pertama Rasulullah sejak beliau diutus menjadi Nabi, dimana pada peristiwa tersebut jumlah kaum muslimin sekitar 310 hingga 313 pasukan. Juga mereka tidak memiliki sejumlah tunggangan kecuali 2 ekor Kuda dan 70 ekor Unta. Sedangkan jumlah kaum musyrikin saat itu berjumlah sekitar 1000 pasukan, akan tetapi kemenangan tetap berpihak kepada kaum muslimin dengan pertolongan Allah SWT.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ الله بِبَدْرٍ وَّاَنْتُمْ اَذِلَّةٌ ۚ فَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan sungguh, Allah telah menolong kamu dalam perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya.” (QS. Ali Imran : 123)

3. Fathu Makkah

Fathu
Pembebasan Kota Makkah terjadi pada 10 Ramadhan Tahun ke 8 Hijriah. Peristiwa ini adalah peristiwa yang sangat nyata yang dengannya Allah memuliakan tentara kaum muslimin, dan mengembalikan Hak mereka (terhadap tanah Makkah). Dengan peristiwa ini Allah mematahkan Negara kaum kafir, dan menghapus Syi’ar-Syi’ar kesyirikan, dan corak kedzaliman. Juga dengan peristiwa besar ini Allah kembali menerbitkan cahaya Tauhid dimuka bumi ini. Maka sungguh Fathu Makkah adalah peristiwa yang sangat besar, dimana hati-hati manusia terbuka untuk Agama Islam, dan mereka pun berbondong-bondong masuk kedalam Agama Allah.

4. Pembebasan Kota Andalusia

Pembebasan kota andalusia
Andalusia berhasil dibebaskan pada Ramadhan 91 H oleh pasukaan kaum Muslim yang dipimpin oleh Tariq bin Ziyad. Penaklukan Andalusia merupakan salah satu kemenangan besar Muslim. Bahkan, penyerbuan di kota-kota yang berbatasan dengan Selatan Spanyol itu, menjadi kemenangan yang bertahan selama 800 tahun lamanya.

5. Perang Ain Jalut


Perang Ain jalut, adalah perang yang terjadi pada hari Jum’at, 25 Ramadhan 658 Hijriah. Di bawah komando penguasa Mesir Saifuddin Quthuz, yang bertolak untuk melawan Bala tentara Mongol yang sangat kejam di pertempuran Ain Jalut. Peristiwa ini dimenangkan oleh pasukan kaum muslimin dengan kemenangan yang sangat telak, dan memberikan dampak yang sangat baik, yaitu; terlepasnya otoritas Bangsa Mongol dari Bumi Syam, dan keluarnya mereka dari tanah tersebut.

Inilah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi pada Bulan Ramadhan, Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari Sejarah mereka, bahwasanya Ramadhan selalu datang dengan keberkahan dan pertolongan dari Allah SWT untuk hamba-Nya yang bertaqwa, dan bersemangat juga bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada-Nya.
Wallahu A’lam bis Shawab’.

Oleh Zulfajri Lc

  1. Kalau tdk saalah indonesia merdeka juga di bulan ramadhan ustdz. Pernh dengar tanggal 9 ramadhan. Jazakumullah khairan katsiiran ustdz ilmunya🙏

One comment

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!