tenaga surya

Distribusi Panel Tenaga Surya di Kepulauan Maluku, Berharap : Cahaya Iman Akan Lebih Terang

160 Views

tenaga surya 5

Sebagai wilayah kepulauan Indonesia memiliki jumlah penduduk yang masih mendiami pulau-pulau terluar yang tersebar. Beberapa daerah-daerah pelosok pulau memang belum mendapat pasokan aliran listrik sebagaimana titik-titik daerah di Pulau Halmahera Provinsi Maluku Utara dan Pulau Buru Maluku.

Tanmia Foundation mulai distribusikan paket wakaf panel surya lampu hemat listrik ke titik-titik wilayah terluar dan pedalaman di Pulau Halmahera Provinsi Maluku Utara dan Pulau Buru Maluku pada (4/08/2021).

Berdasarkan informasi assessment yang dihimpun dari tim survei lapangan dilokasi masih ada belasan hingga puluhan lokasi yang memang masih membutuhkan karena terbatas akses listriknya dengan berbagai macam situasi kondisinya.

“Alhamdulillah, adanya pemasangan wakaf lampu tenaga surya dari para muhsinin Tanmia Foundation sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar ngaji di Mushola dan TPQ Al-Amin di Desa Kluting Jaya Weda Selatan Halmahera Tengah, Maluku Utara. Disini listriknya masih terbatas karena listrik dalam sepekan bisa padam berkali-kali dan kadang durasi bisa berjam-jam seharian mati “, jelas Pak Pri warga setempat sebagai pengurus mushola.

Selain wilayah-wilayah daratan pelosok Halmahera Maluku Utara juga daerah-daerah kepulauan terluar seperti Pulau Buru yang berada ditengah lautan Banda adalah salah satu sasaran lokasi pendistribusian paket wakaf lampu tenaga surya yang merupakan bagian wilayah pemerataan dakwah menyapa ummat di Maluku Utara dan Maluku.

Program wakaf energi lampu tenaga surya Tanmia Foundation setidaknya adalah bagian membangun mimpi dakwah menerangi negeri demi bahu membahu membantu para da’i dan para pengajar ngaji untuk terus bertahan digaris depan dan lebih diperhatikan. Nantinya kemajuan demi kemajuan perlahan yang akan memperkuat keberadaan para da’i di daerah-daerah dan desa-desa agar kiprahnya lebih maksimal menuju kejayaan ummat.

tenaga surya 6

Pada periode wakaf kali ini ada 25 paket wakaf panel lampu tenaga surya hemat energi ( LTSHE ) yang diperuntukkan untuk wilayah-wilayah di Maluku Utara dan Maluku. Yang terbagi untuk daerah-daerah di Pulau Ternate-Tidore, Kepulauan Sula, Kepulauan Halmahera, Morotai, Pulau Taliabu, Pulau Buru.

Lampu tenaga surya hemat energi ( LTSHE ) Tanmia Foundation ini diprioritaskan kepada kepentingan masyarakat secara luas seperti masjid/mushola, rumah da’i dan TPQ juga sekolah maupun madrasah dan dinniyah yang asas manfaatnya untuk umum namun belum mendapatkan akses listrik. Sehingga wakaf ini memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan khalayak masyarakat dengan multi manfaat yang notabene indeksnya tertinggal belum adanya listrik di kawasan pedalaman, daerah tertinggal, daerah terisolir, dan pulau-pulau terluar melalui wakaf lampu tenaga surya hemat energi ( LTSHE ).

tenaga surya 7

Program distribusi dan pemasangan wakaf tenaga surya LTSHE Tanmia Foundation akan berjalan selama sebulan ke depan di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Mengingat jaraknya saling berjauhan,. semata-mata demi mendukung aktivitas program dakwah dan mengajar ngaji di pelosok-pelosok segera terentaskan.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dan sangat berterimakasih, lampu tenaga surya baru kali ini nantinya dapat membantu kegiatan belajar mengajar mengaji kami di Masjid dan TPQ Asy-Syahadah Pulau Buru” kata Ust Rouf Saniapon da’i Pulau Buru saat menerima paket wakaf tenaga surya.

Perjalanan pengiriman wakaf tenaga surya ( LTSHE ) ke pulau Buru Maluku terbilang sangat panjang dan dramatis karena harus melewati sederet panjang tujuan ekspedisi kapal laut mulai dari Jakarta-Surabaya-Ternate-Ambon-Pulau Buru yang memakan waktu 1 bulan lamanya. Walhasil, beginilah gambaran betapa sulitnya tinggal di kepulauan terlebih memang listrik dan jaringan komunikasi masih sangat jarang ada.

Namun dibalik sulit ujian perjalananya disana tersimpan senyum bahagia dan aliran pahala bila cahaya iman dan qur’an menaungi mereka ditengah gelap dan sunyinya. Berdoa semoga cahaya imannya semakin lebih terang, seterang lampu yang akan mulai bersinar jariyahnya di pelosok-pelosok untuk disibukkan dengan kegiatan mengaji.

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!