wakaf buku 5 - Ramadhan Berbagi Kebahagiaan, Antarkan Paket Wakaf Buku Pendidikan di Pedalaman Lembor NTT

Ramadhan Berbagi Kebahagiaan, Antarkan Paket Wakaf Buku Pendidikan di Pedalaman Lembor NTT

291 Views

wakaf buku 3 1024x988 - Ramadhan Berbagi Kebahagiaan, Antarkan Paket Wakaf Buku Pendidikan di Pedalaman Lembor NTTWakaf buku paket pendidikan Tanmia Foundation tiba di Lembor Manggarai Barat Flores NTT tepatnya di Watulendo lokasi sekolah MI Jabal Nur kala hari puasa Ramadhan baru berjalan pada hari ke-6 Jum’at ( 8 April 2022).

Riuh bahagia itu tiba-tiba pecah membuncah ditengah-tengah ruang kelas dimana anak-anak sedang asyiknya belajar di sekolah. Hari yang seketika itu suasana sekolah sejenak melupakan rasa haus dan lapar saat panasnya hari-hari Ramadhan mereka datang belajar ke Sekolah.
Ini adalah suasana hari dimana riang sukacita menghapus rasa kecewa setelah sekolah harus sekian waktu tutup kala pandemi berlangsung beberapa waktu tahun terakhir.

Datangnya buku paket pendidikan telah menumbuhkan semangat anak-anak untuk datang kembali duduk belajar di bangku sekolah kesayangannya. Sebanyak 34 karton yang berisi ratusan eksemplar buku paket kurikulum 2013 ini dibagikan ke beberapa sekolah yang berada di wilayah pelosok Kecamatan Lembor yang sudah dilakukan assessment sebelumnya. Berikut diantara sekolahnya : 1. MI Jabal Nur Watulendo, 2. MI An-Nuur Buruk Poco Rutang 3. MI Nurul Huda Copa Siru dan 4. SDN Siru.

“Alhamdulillah, bantuan buku paket ini sangat bermanfaat bagi kami. Dan inilah kondisi kami di sekolah, butuh perjuangan yang banyak untuk menghadirkan 1 buku, 1 pulpen, 1 pencil, 1 penghapus dan penggaris apalagi buku paket untuk panduan murid dan guru untuk mengajar sesuatu yang sangat bermanfaat dan besar nilai harganya”, jelas pak Guru Rusman yang sehari-hari mengajar di MI Nurul Huda Copa di lokasi.

Rusman juga menambahkan bahwa, SDN Siru dan MI Nurul Huda Copa adalah lokasi sekolah terjauh yang menerima distribusi paket wakaf buku pendidikan yang sampai saat ini hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun jalan kaki. Dan lingkungan sekitar sekolah sementara ini belum tersentuh oleh jaringan listrik, sehingga malam hari banyak anak-anak kami belajar di rumah menggunakan lampu pelita.

“Untuk ke sekolah kami bisa ditempuh dengan jarak perjalanan 1 jam lewat dari ibukota kecamatan Lembor atau 3 jam dari ibukota Labuan Bajo ke sekolah. Letaknya di perkampungan yang amat jauh dari kota dengan kondisi jalan hanya bisa menggunakan roda dua, namun ketika kondisi musim hujan akan sulit sekali aksesnya. Sebagai pilihan satu-satunya untuk menuju kota kecamatan kami harus berjalan kaki hingga 2-3 jam perjalanan”, ungkap Rusman.

wakaf buku 2 1024x576 - Ramadhan Berbagi Kebahagiaan, Antarkan Paket Wakaf Buku Pendidikan di Pedalaman Lembor NTT

Misi program wakaf buku pendidikan Tanmia Foundation ke sekolah daerah pedalaman adalah salah satu solusi dan panggilan kepedulian untuk sekolah-sekolah dan lembaga penyelenggara pendidikan. Karena nyatanya sampai saat ini untuk daerah pedalaman buku teks menjadi salah satu faktor penentu suksesnya proses belajar mengajar di daerah-daerah yang saat ini masih terbatas dari beberapa akses terutamanya akses digital jaringan komunikasi dan jangkauan transportasi. Sehingga buku paket ajar menjadi prioritas utama dalam rangka suksesnya kegiatan pendidikan di pedalaman.

wakaf buku - Ramadhan Berbagi Kebahagiaan, Antarkan Paket Wakaf Buku Pendidikan di Pedalaman Lembor NTT

“Ketika melihat langsung proses kegiatan belajar mengajar anak-anak menggunakan buku-buku paket tersebut dan mengunjungi keadaan perpustakaan sekolah yang hanya sederhana ala kadarnya akan ada senyum, bahagia, haru bahkan sampai air mata harus menetes jatuh” tutur Mansur salah satu guru penggerak yang mengantarkan paket buku wakaf Tanmia.

Bergantungnya terhadap buku pegangan teks fisik di daerah pedalaman sangat dominan selama ini karena darisanalah kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Apalagi dengan kondisi guru sangat terbatas dan jaraknya yang terlampau jauh, bahkan tidak bisa dipastikan setiap hari datang ke sekolah kehadirannya. Dengan kata lain, buku masih sangat berguna sebagai pendamping dan teman pengganti guru dalam menyampaikan materi kurikulum pada siswa peserta didik.

Tanmia Foundation yang juga concern dalam hal kaderisasi da’i ikut juga sumbangsih dalam menyiapkan tenaga dunia pendidikan dengan perjalanan yang berlika-liku ada banyak rintangan tetapi tidak membatasi semangat siapapun mereka untuk andil tergerak peduli terhadap pengembangan lembaga pendidikan terlebih sekolah anak-anak kaum muslimin di pedalaman. Kami tidak bisa berikan dukungan lebih, tetapi apa yang ada pada kami, itu yang bisa kami kasih.

Buku-buku paket ajar ini tidak banyak tetapi semoga bisa bantu mereka untuk belajar dan menggapai cita-cita, dan suatu hari nanti mereka yang akan menorehkan keberhasilan dengan membangun daerah mereka sendiri. Tidak ada keterlambatan dalam memulai sedari masih kecil, tetapi kesungguhan dan tekad yang kuat untuk terus belajar. Aamiin.

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!