Santri Pesantren Al-Itqan Semarakkan Kegiatan Ramadhan di Banjarnegara Jateng

628 Views

Mengawali semarak Ramadhan tahun 1444 H segenap santri kelas akhir pesantren al-Itqan, Kranggan Bekasi mengadakan kegiatan serambi Ramadhan diberbagai Masjid di wilayah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah pada (23/03/2022. Para santri pun telah tiba di lokasi beberapa hari sebelum Ramadhan tiba untuk mempersiapkan kegiatan yang akan berlangsung selama sebulan penuh.

Program serambi Ramadhan ( Semarak Ramadhan Dengan Berbagi ) ini terselenggara atas kerjasama antara pihak pesantren dengan Balai Dakwah Al-Qomar Banjarnegara Jawa Tengah. Kegiatan santri kelas akhir ini cukup beragam dari menjadi imam tarawih, mengajar TPQ, pesantren kilat , kultum dan pengajian serta khatib jum`at yang akan ditempatkan di berbagai titik-titik lokasi masjid masyarakat dan perkampungan.

Tujuan diadakanya kegiatan ini adalah bagian pendidikan tarbiyah untuk para santri dalam rangka membersamai ummat dengan terjun ke masyarakat langsung untuk membumikan syi`ar nilai-nilai akhlak dan al-qur`an terlebih didalam keutamaan bulan suci Ramadhan sebagai bulan diturunkanya Al-Qur`an. Kegiatan ini juga menjadi sarana mendidik mental dan kepribadian para santri dengan nilai-nilai keshalihan, keimanan, kemandirian, kepemimpinan dan bertanggung jawab serta penghubung komunikasi kepada masyarakat untuk mengenal dunia pesantren.

“Alhamdulillah, kegiatan Serambi Ramadhan adalah kegiatan rutin tahunan Balai Dakwah Al-Qomar Banjarnegara yang pada kali ini bersama para santri kelas kelas akhir Pesantren Al-Itqan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” ucap Ustadz Yudhistira sebagai panitia Serambi menerima kedatangan rombongan santri di lokasi.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 18 santri kelas akhir dimana sebelum diberangkatkan ke lokasi tugas masing-masing para santri telah mengikuti program pelatihan dan pembekalan agar memudahkan kelancaran kegiatan dan kordinasi selama acara berlangsung. Santri yang ditugaskan ditiap masjid berjumlah 1 atau 2 orang dengan secara bergilir akan ditemani pendamping dari pihak panitia.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!