Program wakaf buku referensi untuk kegiatan dakwah da’i di pedalaman indonesia

1 View

Bekal ilmu pengetahuan islam dinilai sangat penting bagi

seorang dai yang bertugas di tengah masyarakatnya, mau tidak mau ia akan dijakan oleh masyarakat sebagai referensi dalam masalah agama meskipun tidak jarang urusan dunia pun tetap dijadikan sebagai tempat bertanya.

Latar belakang para dai tentu berbeda – beda, tergantung dari mana mereka melangkahkan kaki mereka ke medan dakwah, ada di antara mereka yang sudah di setting sejak awal sebagai calon muballigh atau ustadz, sehingga dari awal sudah disekolahkan di pesantren atau sekolah agama islam lainnya, ada juga di antara mereka yang awalnya adalah pengusaha atau tenaga profesional yang berkerja di perkantoran lalu hatinya terpanggil untuk dakwah, ia menggali ilmu islam semampunya lalu menyajikannya kepada ummat.

Tidak jarang pula kita temukan di tengah masyarakat seorang muallaf namun semangat dakwahnya sangat tinggi, bahkan sejak ber-islam ia sudah berazam ingin membela dan mendakwahkan islam.

Fenomena seperti ini sering kita temukan di tengah masyarakat, kalau mereka tinggal di perkotaan tentunya tidak terlalu sulit bagi mereka untuk mencari salah satu sumber mata air ilmu untuk ditimba dari seseorang yang dianggap cukup mumpuni dalam bidang ilmu syar’i, disamping mereka juga dapat membaca buku – buku islam, mendengarkan radio islam, mengunjungi website islam dll.

Namun ada satu kendala yang dianggap sangat signifikan dalam perjalanan dakwah yang dilakukan oleh seorang dai yang tinggal di pedalaman, yaitu minimnya buku – buku referensi yang bisa mereka gunakan sebagai bekal dakwah, adanya buku – buku referensi itu dirasakan sangat penting, sering kali bekal ilmu pengetahuan islam yang mereka miliki adalah yang dahulu pernah mereka pejari di madrasah atau pesantren, namun setelah itu tidak ada lagi tambahan pengehuan islam bagi mereka, sedangkan mereka dituntut untuk terus mengajar, menyampaikan ilmu dan berdakwah secara luas.

Saat kami ke pedalaman NTT beberapa waktu lalu keluhan semacam ini selalu disampaikan oleh para Dai dalam berbagai pertemuan kami dengan mereka, bahkan setelah kami sampai di Jakarta pun mereka masih menanyakan apakah ada bantuan buku referensi islam buat bekal Dakwah mereka? Buku – buku islam sangat sulit mereka dapatkan di sana, apalagi radio islam, bahkan sebagian wilayah mereka belum ada aliran listrik.

Menimbang kebutuhan para Dai yang sangat penting ini maka kami dari yayasan islam Attanmia berusaha untuk membantu mereka mendapatkan buku – buku islam sebagai bekal dakwah mereka dengan membuka paket bantuan (BRDP) “Buku referensi Dai pedalaman” satu paket berisi 8 judul buku yang sangat penting dan bermanfaat untuk bahan bacaan bagi mereka, dengan nilai total per paketnya Rp 1.000.000,- [Satu Juta Rupiah].

Buku – buku ini in syaa Allah hanya akan di distribusikan khusus kepada para Dai yang telah menyiapkan dirinya untuk berdakwah di Pelosok Pedalaman negeri ini, di wilayah NTT dan wilayah lainnya di Indonesia, sudah menjadi maklumat umum bahwasanya para Dai tersebut berdakwah tanpa ada Kafalah (bantuan materil) penyokong yang mereka terima, semoga sedikit bantuan buku referensi ini dapat membantu mereka dalam memperkaya khazanah ilmu mereka guna mencerdaskan ummat menujul izzul islam wal muslimin (kejayaan islam dan kaum muslimin).

Berikut ini judul – judul buku yang in syaa Allah akan kita berikan kepada para dai, antara lain adalah sebagai berikut:

No

Judul Buku

Penulis

Katagori

1

1100 Hadits Pilihan

DR Muhammad Faiz Al-Math

Hadits pilihan

2

Materi Pengajian Setahun

DR Rasyid Abdul Karim

Silabus Kajian

3

Mukhtashar Minhajul Qashidin

Ibnu Qudamah Al Maqdisi

Tazkiyatu Nafs

4

Syarah Umdatul Ahkam

Abdurahman bin Nashir Assa’dy

Hadits Hukum

5

Allu’lu’ wal Marjan

Muhammad Fuad Abdul Baqy

Hadits Pilihan

6

Sirah Nabawiyah

Shafiyurrahman Al Mubarakfury

Sirah Nabawiyah

7

Mihajul Muslim

Abu Bakar Jabir Al Jazairy

Fikih, Ahklaq dan Muamalat

8

Kitab Tauhid

DR Shalih Fauzan

Pelajaran Tauhid

Untuk tahap pertama ini kami berencana menyiapkan 100 paket bantuan buku referensi untuk para Dai yang bertugas di pedalaman, semoga Allah menjadikan ini sebagai salah satu jalan bagi kita untuk mendapatkan pahala Jariyah dan ampunan Allah, atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan Barakallahu fiekum wa Jazakumullah khairan.

Informasi

www.tanmia.or.id

info@tanmia.or.id

085215100250

Bukhari Abdul Muid

Ketua Yayasan

  1. Silahkahkan bapak Deren Kadarno, untuk no rekening sudah tertera dibagian bawah (footer) website ini.
    Jazakallah.

2 comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!