Semangat Memakmurkan Masjid Ar-Razzaq Gunungbang Gunung Kidul

333 Views

Gema lantunan ayat suci Alquran sudah menggema dibalik gelapnya jalanan menuju Dusun Gunungbang Desa Bejiharjo Karangmojo Gunung Kidul.

Awan malam bertabur bintang bersama suasana ceria menjadi saksi penyerahan Wakaf Qur’an dan Iqra’ dari Tanmia Foundation untuk segenap anak-anak TPQ dan para jama’ah Masjid Ar-Razzaq pada ( 7/11/2020 ).

Tiap maghrib tiba menjadi saksi bersama anak-anak, kaum bapak dan ibu orang tua mulai mendekat dan meramaikan masjid yang belum lama ini dibangun sejak Muharram 1441 H / September 2019 hingga peresmiannya pada Rabiul Akhir 1441H / Desember 2020.

Sebelum keberadaan berdirinya Masjid Ar-Razzaq warga hanya menggantungkan untuk beraktivitas ibadah di masjid lain yang berada di dusun sebelah yang berjarak kurang lebih 1 km.

“Sudah bertahun-tahun lamanya penantian kami untuk membangun masjid, harapannya bila masjid berdiri nanti akan memberikan kemudahan bagi para warga dusun untuk beraktivitas beribadah akan lebih dekat dan nyaman”, ujar Pardiman selaku Takmir dan penggagas pendirian Masjid Ar-Razzaq Dusun Gunungbang RT 03 RW 17, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Musim pandemi memang memisahkan banyak hal, tak luput kegiatan belajar anak-anak untuk pergi ke tempat mereka sekolah. Kerisauan yang dialami orang tua terhadap kekosongan anak-anak belajar kian memuncak dari hari ke hari, hal inilah yang menjadi panggilan ketulusan niat hati sosok seorang Pardiman untuk mengajar anak-anak mengaji setiap usai shalat Maghrib.

Bersamanya ada puluhan hingga belasan anak-anak yang masih ikut mengaji sekalipun terkadang pasang surut tapi hal tersebut tidak mengurangi semangatnya mengajar dan setia menemani bersama suka duka bagi para jama’ah warga dusun yang berjumlah 36 KK ini.

Tradisi habis maghriban mengaji mungkin masih ada di sebagian besar daerah-daerah pelosok-pelosok. Sekalipun saat ini adalah suasana adaptasi baru dan semuanya pun ikut baru di tengahnya pandemi. Era digital teknologi dengan segenap perkembangan modern canggihnya kian perlahan mengikis keseharian anak-anak untuk mengaji ke masjid atau mushala.

Kondisi inilah yang membuat tergerak hati Pardiman bersama warga untuk mengadakan TPQ anak-anak ala kadarnya dan mengembalikan tradisi mengaji seperti beberapa tahun-tahun lalu sebelumnya. Alhamdulillah perjalanan program ini menjadi sebuah gerakan untuk membangkitkan kembali semangat belajar Al-qur’an dan mendekatkan warga untuk memakmurkan masjid.

“Mengaji ini sangat perlu untuk mengembalikan gairah belajar anak-anak dengan sikon saat ini. Kegiatan ini akan meminimalisir anak-anak yang sekarang lebih akrab dengan gadget/nonton televisi ketimbang ke masjid untuk mengaji,” kata Giyarno salah satu jama’ah Masjid Ar-Rozaq.

Aktivitas usai maghrib mengaji menjadi rutinitas positif sebagai salah satu bagian memakmurkan masjid yang biasanya berisikan kegiatan TPQ, tilawah Qur’an dan hafalan surat pendek dan do’a juga terkadang ceramah agama.

“Semoga pandemi ini segera berlalu dimana harapan kami akan ada banyak lagi para jamaah warga dusun yang memakmurkan masjid disetiap waktu ibadah tiba,” tutup Pardiman dalam ungkapan penutup penuh harapnya.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!