Qurban-mangoli

Suka Duka Antarkan Hewan Kurban di Pulau Mangoli, Kepulauan Sula

279 Views

Qurban-mangoli

Penyaluran hewan kurban dari Tanmia Foundation di Kabupaten Kepulauan Sula memasuki hari-hari tasyrik ( 11-13 Dzulhijjah ) dari sejumlah distribusi hewan yang diagendakan. Sejak takbir hari raya hingga hari tasyrik pertama dan kedua ini, belasan hewan kurban jenis kambing disebar ke sejumlah desa-desa di kecamatan dengan waktu pendistribusian mulai dari pagi hingga malam hari.

“Untuk hari tasyrik ini amanah kurban satu ekor sapi disalurkan ke perkampungan pesisir Pelita Jaya pemekaran desa Kobo yang berada di Kecamatan Mangoli Utara Timur Pulau Mangoli. Perjalanan akan ditempuh dengan bodi ( perahu sampan menurut warga setempat ) akan ditempuh selama 1,5 jam melintasi Selat Mangoli” ungkap Irawan relawan yang mengantarkan tim Tanmia Foundation ke lokasi Rabu (21/7/2021).

Pagi yg cerah mangawali perjalanan ke Mangoli dengan harapan lancarnya suasana syi’ar penyembelihan hewan kurban di lokasi bersama warga setempat akan segera selesai karena pada sore harinya harus segera pulang, mengingat esoknya lagi masih ada daerah-daerah pesisir yang harus harus ditunaikan amanah kurbanya.

Matahari tinggalah naik beranjak waktu dzuhur seiring tiba rombongan di lokasi. Adzan dzuhur pun terdengar hanya sebatas suara lantunan dalam masjid saja karena di Mangoli listrik hanya ada diwaktu malam saja sampai pagi selebihnya padam. Jarak antar perkampungan pun masih belum sepenuhnya bisa diakses lewat jalan darat sehingga sampan menjadi pilihan transportasi antar perkampungan dalam aktivitas sehari-harinya.

Qurban-mangoli3

“Alhamdulillah, masih ada kepedulian terhadap masyarakat kami yang tinggal di pulau untuk merasakan bahagia memotong hewan kurban di tahun ini”, ujar Fadli Sekdes setempat mengucapkan rasa terima kasihnya.

Ada ukhuwah saling menyambung persaudaraan bersama warga setempat yang bergotong-royong menyemarakkan suasana penyembelihan sapi kali ini. Rasa bahagia pun menyeruak kembali dibalik senyum para warga setempat karena tahun ini memang belum ada darah hewan kurban yang mereka tumpahkan.

Menurut bapak imam masjid, ada 150 KK warga yang mendiami perkampungan pesisir yang direncanakan akan menerima manfaat kurban dari para shahibul kurban Tanmia Foundation.

Ada bahagia bercampur haru menceritakan proses pendistribusian sapi kurban ke Pulau Mangoli karena proses perjalananya tersebut bukan hal yang relatif mudah dijangkau. Desa-desa terpencil tersebar saling berjauhan sepanjang pesisir dan menyelinap dibalik-balik bukit. Ditambah lagi keadaan umum Kepulauan Sula yang tak pernah mengenal jeda musim, geografisnya di tengah perairan lautan Banda memicu hujan lokal yang turun bisa sepanjang hari ditambah perubahan musim angin yang tidak bisa diperkirakan sewaktu-waktu tiba-tiba berubah ditengah laut. Terlebih dalam perjalanan sepulangnya dari Mangoli sejak berlabuh riak gelombang dan angin sudah terasa mengiringi sepanjang perjalanan pulang.

Mangoli sebagai bagian terbesar wilayah daerah Kepulauan Sula yang menjadi salah satu kendala adalah akses jalan dan jaringan, juga cuaca yang sewaktu-waktu berubah menjadi bagian medan yang berat untuk menuju ke sejumlah daerah perkampungan.

“Gumpalan awan gelap pun tiba-tiba datang bersama angin membawa hujan lebat, tidak luput rombongan kami pun basah kuyup bersama bodi sampan melewati kondisi cuaca menegangkan sepanjang perjalanan. Alhamdulillah, kuasa Ilahi memberi selamat dan melindungi perjalanan kami sampai tujuan dermaga pulang”, tutur Umrawi relawan Tim Tanmia langsung di lapangan.

Hanya sebagian daerah saja di Mangoli yang bisa di akses jalan darat sehingga tim harus menggunakan bodi sampan untuk mencapai lokasi. Meski demikian, semua kendala itu tidak menjadikan alasan pendistribusian terhenti. Mengingat sejak awal panitia pendistribusian sudah berkomitmen untuk menyampaikan amanat hewan kurban pada perkampungan masyarakat di Pulau Mangoli.

Semangat syi’ar ibadah qurban ke pedalaman Kepulauan Sula sejak awal sebagai wasilah menyambung ukhuwah dan menguatkan persaudaraan untuk kejayaan ummat di berbagai belahan pelosok negeri khususnya di Hari Raya Idul Adha. Hal ini sebagaimana salah satu tujuan misi menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan nilai-nilai sosial di tengah masyarakat.

Hari-hari semarak ibadah penuh makna terus berlanjut, pendistribusian hewan kurban dari Tanmia Foundation untuk pedalaman Kepulauan Sula berjumlah totalnya 2 ekor sapi dan 30 ekor kambing, dijadwalkan berakhir pada hari terakhir tasyrik ini Jum’at ( 23/07/2021 ).

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!