qurban peduli

Syi’ar Idul Adha Antarkan Kebahagiaan Di Pedalaman Kepulauan Sula

187 Views

qurban peduli

Idul Adha selalu jadi momen-momen bahagia yang ditunggu oleh segenap umat muslim di seluruh pelosok tanah air, tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah kepulauan yang berada di tengah lautan.

Tanmia Foundation pada tahun ini, menginisiasi program qurban di pedalaman Kepulauan Sula Maluku Utara melalui launching program Maluku Berqurban yang akan menjadi bagian syi’ar ibadah qurban kali ini. Perlu diketahui, Kepulauan Sula adalah salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Maluku Utara paling selatan yang terdiri dari dua pulau besar, yakni Pulau Sulabesi yang didalamnya ada kota Sanana sebagai pusat ibukota Kepulauan Sula dan satunya lagi Pulau Mangoli sebagai pulau terbesarnya.

Perjalanan ke Kepulauan Sula bisa ditempuh perjalanan laut dari Ibukota Ternate selama 12-15 jam sejauh jarak 350 KM melalui penyeberangan laut. Untuk masa pendemi ini jalur udara masih tutup sampai waktu yang belum ditentukan.

qurban peduli

Daerah distribusi qurban Tanmia Foundation di Kepulauan Sula akan menyasar daerah-daerah pesisir dan perkampungan pedalaman diantaranya desa-desa di wilayah Sulabesi Tengah, Sulabesi Selatan, Sulabesi Timur dan daerah-daerah di Pulau Mangoli dimana mereka tinggal di daerah yang jauh dan sulit diakses baik jalan transportasinya maupun jaringan sinyal. Sebagian daerah listrik baru menyala dua tahun terakhir ini dan sebagiannya lagi listrik penerangan masih beroperasinya hanya dimalam hari saja selebihnya mati.

Pada tahap hari pertama hari raya Idul Adha 1442 H, segenap tim relawan Tanmia Foundation mengadakan pemotongan hewan qurban di beberapa desa, salah satunya di Desa Sekom Sulabesi Selatan dan Desa Fatkauyon Sulabesi Timur.

qurban peduli

Bagi mereka yang sudah mampu berkurban kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat pedalaman ini sebuah harapan kebahagiaan. Berdasarkan rilis resmi Tanmia Foundation, hewan yang bisa dihimpun ada 3 ekor sapi dan 36 kambing qurban yang akan di distribusikan hingga berakhirnya hari tasyrik ini.

Lewat kebaikan para shohibul yang antusias untuk berkurban kali ini mampu menggugah senyum ditengah kegundahan banyak masyarakat yang terdampak akibat pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

“Memang ditengah kondisi pandemi Covid-19 ternyata kesadaran masyarakat kampung dalam menunaikan perintah berkurban terbilang rendah, namun demikian bahagia itu datang di akhir-akhirnya dengan kurban yang disalurkan oleh Tanmia yang datang mengejutkan”, tutur Kisman Duwila, Kades masyarakat Sekom pada relawan di lokasi.

Distribusi qurban memang diwarnai berbagai kisah cerita unik dan heroik di Idul Adha tersebut, tapi terpenting dari itu semua semata-mata adalah meluruskan niat demi meraih keridhaanNya dimana amanah mengantar hewan kurban ini adalah bagian menebar kebaikan untuk kejayaan ummat biarpun diwarnai dengan menerjang lautan, hingga masuk ke wilayah desa-desa yang ada dibalik bukit pedalaman.

Berdoa sembari berharap semoga banyak penerima manfaat qurban yang dapat ditemui dan merasakan nikmatnya daging kurban. Bisa jadi senyum dan doa kebahagiaan mereka adalah pelepas setiap kesedihan dan pelindung kita dari segala musibah.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!