Sukacita Bingkisan Lebaran, Pembuka Pintu Keberkahan

626 Views

Dalam bilangan belasan hari saja ekspedisi paket wakaf pakaian yang diberangkatkan oleh Tanmia Foundation tiba di Warsawe , Manggarai Barat NTT ( 22/04/2024). Pekan Ied Lebaran Idul Fitri 1445 H sudah sepekan lalu terlewat, kabar bahagia menyelinap datang di depan pintu pesantren Uswatun Karima sembari si kurir pengiriman dengan sigap mengantarkan.

Pecah senyum bahagia terpancar dari belasan anak yang berlarian menyambut kedatanganya. Dengan keikhlasan hati para muhisinin tergerak mendermakan wakaf pakaian baru sebagai tanda cinta dan menyokong perhatianya pada anak-anak kaum muslimin yang seiman yang sedang berjuang menempuh belajar di pelosok pedalaman. Puluhan paket bingkisan yang berisi perlengkapan shalat, sarung, mukena dan hijab yang tiba segera menghapus rasa penantian yang sekian lama dipendam ditunggu-tunggu.

TPQ ala pesantren Uswatun Karima Warsawe, Manggarai Barat menjadi salah satu sasaran tujuan pendistribusian dengan total menampung sekitar 40-an santri dhuafa dan muallaf bermukim tinggal di asrama.
“Terimakasih kepada seluruh muhsinin dermawan atas bantuan perhatian berupa waqaf pakaian kepada santri-santri kami”, ujar pimpinan pengasuh TPQ Uswatun Karima, Ustadz Muh. Ramli.

“Para santri ini adalah anak-anak yang sungguh-sungguh berjuang menempuh pendidikan agama dengan tekad bulat meninggalkan rumah tinggal perkampunganya demi belajar menuntut ilmu untuk bekal masa depannya lebih baik”, jelas Ustadz Ramli kepada Tanmia Foundation.

Lokasinya terletak di pelosok dan jauh dari jalan raya. Untuk sampai di lokasi dibutuhkan perjuangan panjang dan kesungguhan karena medan yang berkelok-kelok di lembah balik perbukitan. Baru beberapa tahun terakhir ini jalanan dan akses listrik mulai membaik sebagai bagian ungkapan syukur akan hadirnya nasib lebih baik setelah sekian lama tertidur sunyi terisolir.

Warsawe sebagai daerah masa depan ibukota kecamatan Mbeliling bukanlah wajah masa lalu lagi, banyak berkah tertumpah di tanah yang tersimpan berbagai sejarah dan kenangan perjuangan mempertahankan iman sekuat-kuatnya tali genggaman.


Sampai saat ini budaya gotong royong, bahu membahu mengambil gentong air bersih, mengumpulkan segenggam beras dan sekerat ikan kering maupun seonggok kayu bakar dari rumah masing-masing warga masih menjadi suasana hari-hari para santri dan orang tua mereka dalam mendukung dan mempertahankan pendidikan anak-anak di TPQ Uswatun Karima Warsawe tetap berjalan dengan apapun kondisinya.

Dari sebuah jeritan perjuangan dan kesungguhan di balik lembah perbukitan telah membangkitkan optimisme melawan kemustahilan. Lain rencana lain realita, tapi inilah skenario Ilahi yang terus berjalan mengakhiri sebuah suasana jalanan sunyi. Berharap musim semi terus tumbuh bermekaran bunga wangi para anak-anak generasi darisini berlabuh. Bismillah, Wallahu Musta`an.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!