sumur wakaf 4

Sumur Wakaf Membantu Kegiatan Anak-anak TPQ Telah Mengalir

216 Views

sumur wakaf 4 1024x512 - Sumur Wakaf Membantu Kegiatan Anak-anak TPQ Telah Mengalir

Tanmia Foundation berhasil melakukan pengeboran sumur wakaf di TPQ Nurunnisa dan Mushola Al-Amin Dukuh Krajan Pokaan Kecamatan Kapongan Situbondo Jawa Timur (3/08/2022).

Tahun hijriah yang baru saja berjalan dalam hitungan hari sekaligus menambah bahagia karena adanya tambahan fasilitas sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk para santri TPQ dan jama’ah. Hadirnya sumur wakaf ini sudah lama dinantikan oleh pihak pengurus selama ini.

TPQ Nurunnisa, berdiri atas inisiatif Ummi Hasanah dan Abah Hasan sejak tahun 1997, berawal dari keinginan keduanya untuk mengajar ngaji anaknya sendiri dan anak para tetangganya karena dimasa itu TPQ pun belum ada di kampungnya.

Sejak tahun berdirinya hingga saat ini tempat mengaji pun cukup sederhana hanya menggunakan sepetak tanah halaman rumah lalu dibangunnya dengan papan kayu ala kadarnya. Kendati demikian yang cukup menggembirakan ialah tidak sedikit para santri yang sudah lulus sudah selesai masuk ke bangku kuliah dan kembali mengajar santri-santri TPQ kembali.

sumur wakaf 2 1024x512 - Sumur Wakaf Membantu Kegiatan Anak-anak TPQ Telah Mengalir

Untuk berjalannya kegiatan TPQ dimulai hari Senin sampai Ahad setiap hari ba’da maghrib, hanya hari Kamis saja yang biasanya diliburkan. Operasional kegiatanya pun gratis tidak memungut biaya sama sekali dari para peserta santri didiknya mengingat sejak awal berdirinya TPQ diniatkan untuk berjuang mendidik anak-anak agar bisa mengaji sejak dini.

Meskipun sedari awalnya TPQ Nurunnisa masih kecil dan sederhana sekali, tak mengubah bangunan yang ada seperti sekarang. Tidak seperti lain pada umumnya, tentu saja berganti tahun berlalu banyak pula perbaikan dan pembangunan. Sederhana tetaplah sederhana hanya kini mulai ada warna kreasi kegiatan karena generasi dan berubahnya zaman.

“Tiap malam tiba, suasananya TPQ ini akan dipenuhi anak-anak. Mereka akan ikut belajar mengaji dan tadarus dari usai Maghrib hingga Isya bahkan seperti pada hari tahun baru islam, 1 Muharram 1444 H ini kadang bisa hingga larut malam dengan acara perlombaan,” terang Abah Hasan saat dihubungi lewat seluler.

Bangunan arsitektural TPQ sederhana ini tidak lagi ingin dibangun untuk dijadikan mushola karena sudah ada mushola khusus disebelah samping utaranya yang berjarak hitungan meter saja biasa digunakan untuk shalat berjamaah.

sumur wakaf 3 512x1024 - Sumur Wakaf Membantu Kegiatan Anak-anak TPQ Telah Mengalir

Lain halnya juga dengan TPQ Mushola Al-Amin yang dirintis oleh Ust Rejo Rizal, seorang alumni pesantren salafiyah Sukorejo Situbondo di tahun 1981. Usai lulus dari pesantren bersama dengan mendiang ayah dan sanak keluarganya ia dirikan Mushola dan TPQ yang turut juga melanjutkan perjalanan perjuangan pendidikan mengaji anak-anak di kampungnya.

“Alhamdulillah, tak terucap rasa syukur bahagia tempat mushola yang sederhana ini mendapatkan wakaf sumur dari perhatian segenap muhsinin yang menyerahkan melalui Tanmia Foundation. Sungguh terharu begitu pemurahnya Allah Ta’ala memberikan kenikmatannya membantu kemajuan para santri kami,” pungkas Ust Rejo Rijal saat serah terima wakaf sumur pada pihak Tanmia.

Sesuai dengan namanya Mushola Al-Amin, posisi letaknya berada di halaman depan rumahnya. Lokasi tersebut adalah berstatus tanah yang telah diwakafkan. Untuk menjangkau lokasinya bisa ditemukan hanya 1 KM saja arah utara jalur poros utama Situbondo – Banyuwangi, tepatnya di utara alun-alun Kapongan .

Anak-anak kampung dukuh Krajan Pokaan disanalah anak- anak Mushola Al-Amin menghabiskan sore hari untuk mengaji TPQ. Bermain-main seketika guru belum datang dan mengaji hingga menjelang petang. Dari beberapa mushola (mungkin) yang saat ini masih ada yang mempertahankan anak-anak santri untuk mengaji. Mushola kenangan yang meninggalkan kesan dan pesan yang mendalam dalam bagi anak-anak santri untuk memulai mengenal belajar agama.

Ali Azmi
Relawan tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!