Sumur Wakaf Untuk Pesantren dan Masyarakat Dellap Jatisari Situbondo Jawa Timur

195 Views

Pondok Pesantren Baiturrahmah Dellap Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menerima program wakaf air bersih sumur bor dari Tanmia Foundation.

Penyerahan wakaf sumur untuk pesantren berlangsung setelah proses pengerjaan penge boran sumur di lokasi selesai di komplek pesantren, Selasa (31/8/2021).

Penyerahan program wakaf sumur air bersih dari Tanmia Foundation meliputi proses pengeboran sumur dangkal, instalasi pipanisasi, mesin pompa summersible dan penampungan air.

Sasaran pemanfaatan wakaf sumur harus dirasakan langsung oleh para santri dan warga pesantren sebagai bagian penting pencerahan ummat dan masyarakat sehingga wakaf sumur bagi mereka yang membutuhkan merupakan bagian dari wujud kepedulian sosial. Air adalah hajat semua kebutuhan dasar bagi siapapun terlebih lembaga pendidikan pesantren yang beroperasi 24 jam maka harus terpenuhi.

Kali ini sumur bor untuk komplek putri pesantren Baiturrahmah memiliki kedalaman 20 meter dengan debit air yang cukup bagus untuk memenuhi tambahan kebutuhan air pesantren. Ini adalah sumber mata air sumur kedua, setelah sumur yang pertama kalinya adalah sumur gali yang digali sejak awal berdirinya pesantren.

Jumlah seluruh santri saat ini berjumlah 80 mulai dari tingkat tsanawiyah dan aliyah yang notabene berasal dari masyarakat setempat dan berbagai kepulauan Madura dan Bali. Di masa pandemi sebagian santri masih ada yang menetap bagi yang berasal dari jauh dan adapula yang pulang pergi bagi yang berasal dari lingkungan sekitar dan dekat.

“Alhamdulilah dengan pembangunan wakaf sumur bor, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air untuk kegiatan warga pesantren sehari-hari agar bisa maksimal karena kadang musim kemarau seperti sekarang ini kadang kekurangan air,” ungkap Kyai Jufri pimpinan pesantren di lokasi.

Masyarakat sekitar pun nantinya turut menikmati air bersih bila musim kemarau paceklik tiba juga pada musim hujan misalnya, saat air dari saluran sungai pegunungan keruh dan tidak layak dikonsumsi, masyarakat bisa ramai-ramai mengambil air di sumur bor tersebut. “Bila nanti ada masyarakat ada yang butuh, tinggal bawa jerigen air saja ke sini, ambil untuk dipakai keperluan konsumsi sehari-hari,” pungkasnya.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

 

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!