wakaf sumur6

Wakaf Tanmia : Alirkan Suplai Air Untuk Joglo TPQ Al-Qomar Banjarnegara Jawa Tengah

184 Views

wakaf sumur3

Selama belum selesai pembangunan joglo TPQ Al-Qomar kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah-rumah warga. Hari kemerdekaan pun turut menambah kebahagiaan dengan memasuki tahap finishing pembangunan.

Program wakaf sumur Tanmia Foundation pun turut sumbang sih dengan memanfaatkan maksimal debit mata air sumur mushola Al-Ikhlas untuk mensuplai kebutuhan air di TPQ dengan pemasangan instalasi saluran air lengkap dari pompa, saluran pipa hingga penampungan air.

Pemasangan instalasi pipa telah selesai dipasang sepanjang 150 meter dari mata air sumur hingga lokasi TPQ berjalan dengan lancar kendati lokasi berada di semak-semak perbukitan ( 26/08/2021).

Joglo TPQ Al-Qomar terletak di dusun Binorong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah adalah bentuk wujud program pendidikan yang diselenggarakan untuk anak-anak generasi setempat disamping itu pula menunjang kegiatan pelaksanaan shalat berjamaah yang sudah berjalan di Mushola dan Masjid selama ini.

Yudi selaku pengasuhTPQ mengatakan kebutuhan pemanfaatan air itu sangatlah pokok sekali, selain untuk mencukupi kegiatan jama’ah mushola juga berguna untuk kegiatan TPQ anak-anak sehari-harinya, apalagi di lokasi gedung yang baru bila harus menggali sumber air bisa mencapai puluhan meter dengan biaya yang tidak sedikit melihat lokasinya yang berada diatas perbukitan.

Posisinya sumber mata air di Mushola berada dibawah sedangkan posisi TPQ berada diatas, jaraknya pun tidak berjauhan hanya sekitar 150 meter saja hanya saja kontur lokasinya semak-semak perbukitan.

“Kami sangat bersyukur dengan kepedulian Tanmia Foundation membantu pengadaan instalasi saluran sumber air untuk kelancaran kegiatan TPQ yang sedang proses finishing pembangunan agar segera di tempati dalam waktu dekat segera,” kata Yudi (26/08/2021).

Yudi menambahkan bahwasanya sumber air dari mushola sangat melimpah debit airnya sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk berbagai kepentingan masyarakat dan yang terpenting adalah untuk kepentingan umum yang jelas pemanfaatannya untuk warga masyarakat.

Dengan adanya saluran dan penampungan air untuk kegiatan Joglo TPQ beserta santri sangat membantu rencana kelancaran program yang sudah berjalan nantinya setiap hari. Kegiatannya pun beragam mulai dari majelis taklim, taman baca dan ruang aula serbaguna untuk pertemuan warga lingkungan.

“Kami sangat bahagia dengan adanya saluran air yang disediakan untuk TPQ sehingga akan membantu tercukupinya air yang sebelumnya belum ada sama sekali, kini telah tercukupi mudah – mudahan semua pihak muhsinin dari Tanmia maupun yang terlibat program penyaluran air tempat TPQ di beri pahala kebaikan yang terus mengalir dari Allah ta’ala Amin,”ucap wali santri yang turut bergotong royong dalam pemasangan.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

 

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!