wakaf-sumur-untuk-semeru3

Sumur Wakaf Untuk saudara kita di Semeru

175 Views

wakaf sumur untuk semeru5 1024x512 - Sumur Wakaf  Untuk saudara kita di Semeru

Lewat sebulan sudah duka erupsi Semeru sejak meletusnya pada Sabtu, 4 Desember 2021. Status Level Siaga III hingga saat ini masih diberlakukan di KRB Gunung Semeru sehingga belum menunjukkan tanda-tanda usai. Hingga saat informasi ini disajikan beberapa kali masih terjadi erupsi sekunder dan awan panas guguran disertai debu juga banjir lahar dingin yang berulang kali terjadi, terakhir (2/01/22) terjadi lagi banjir besar material lahar dingin.

Dari data pos induk utama yang ada info menyebutkan, setidaknya ada 58 korban meninggal yang ditemukan yang teridentifikasi sementara belasan hingga puluhan lainya masih dinyatakan hilang belum ditemukan.wakaf sumur untuk semeru4 512x1024 - Sumur Wakaf  Untuk saudara kita di Semeru

Berangkat dari peduli dan berbagi pada kawasan rawan bencana ( KRB )Tanmia Foundation telah menyelesaikan program pembangunan wakaf sumur di Mushola Hijratul Muhajirin di Dusun Kebon Agung Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang pada 6/01/2022.

Dengan memaksimalkan kembali sumur warga yang sudah tersedia diharapkan akan memberikan kemanfaatan yang lebih luas lagi dalam rangka melayani warga setempat dalam sarana fasilitas umum ibadah. Memang hal inilah yang diharapkan warga sebagai bagian masa tanggap recovery. Apalagi di tengah suasana duka bencana sangatlah penting sentuhan rohani dan nilai keimanan yang harus ditanamkan dengan memaksimalkan peran keberadaanya masjid maupun mushola.

wakaf sumur untuk semeru2 512x1024 - Sumur Wakaf  Untuk saudara kita di Semeru

“Alhamdulillah, saya bersama warga sangat lega bersyukur bahagia rasanya bisa kembali lagi bergotong-royong dengan adanya manfaat sumur wakaf ini, akan kami manfaatkan dalam membangun dan memakmurkan mushola yang sedang kami bangun nantinya”, jelas Muhtar mewakili pendiri mushola pada pihak Tanmia Foundation di lokasi.

Adanya pembangunan musholla juga dalam rangka menunjang kegiatan ibadah dan difungsikan untuk pembinaan majelis taklim warga setempat yang berkisar 50 warga dalam belasan KK dusun setempat.

Dengan memaksimalkan kembali sumur yang masih ada pasca erupsi diharapkan akan lebih mudah membantu selesainya pembangunan musholla yang juga baru pertama kalinya berdiri pada (3/12/2021), sehari sebelum erupsi dahsyat Semeru itu meletus.

Sampai saat ini, ada 3 titik lokasi sasaran pembangunan dan pemanfaatan sumur wakaf yang sedang dalam proses finishing oleh Tanmia Foundation di kawasan rawan bencana terutama di Sumber Wuluh dan Sumber Mujur Candipuro.

Memang sudah sebulan lalu terlewat erupsi Gunung Semeru sejak meletusnya pada awal Desember 2021, tapi selimut duka masih menghampiri sebagian besar warga setempat yang masih belum sepenuhnya pulih dari suasana duka kehilangan sanak keluarganya tercinta dan histerisnya trauma dahsyat meskipun sudah memasuki masa transisi dan recovery.

Ali Azmi
Relawan tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!