Tanmia Foundation : Mengajar TPQ Di Pelosok Adalah Bentuk Khidmat Pengabdian Kepada Ummat

397 Views

TPQ al Qomar

Mengajar di TPQ adalah salah satu bentuk khidmat pengabdian pada ummat dan masyarakat terlebih di pelosok-pelosok dusun pedesaan. Disinilah awal perintisan TPQ Al-Qomar 1 Kalitengah, Kecamatan Purwanegara , Banjarnegara didirikan sejak 2013.

Bersama dengan rombongan setempat safari dakwah Tanmia Foundation menginjakkan jejak kaki di lereng perbukitan Dusun Gunung Tugel Kalitengah Banjarnegara Jawa Tengah pada ( 29/9/2021).

Kawasan perbukitan terjal yang dominan dijadikan lokasi tambang galian C termasuk dalam prioritas mengembangkan dakwah dan pendidikan berbasis TPQ.

TPQ al Qomar 2

Pada kunjungan ke lokasi TPQ Al-Qomar 1, salah satu agendanya ialah melihat bagaimana situasi dan kondisi perkembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) menjadi salah satu tempat atau sarana untuk menanamkan pendidikan agama islam untuk anak-anak pedesaan.

TPQ adalah ladang amal pengabdian yang menjadi sumber ilmu agama harus ditanamkan atau diajarkan kepada anak sejak dini selain mengenalkan Al-qur’an juga diiringi tuntunan adab, akidah dan akhlak serta fiqih tuntunan ibadah sehari-hari.

Antusias para santri TPQ Al-Qomar membuat para pengajar tertarik dalam memberikan pengajaran seperti bermain dan belajar. Ada beberapa TPQ yang sekarang sudah berdiri di mushola dusun-dusun. Namun dibalik itu semua masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi oleh anak-anak dan para pengajar. Selain jalanan medan yang sulit juga jarak yang cukup jauh satu sama lainya belum lagi faktor ekonomi masyarakat setempat. Kendati demikian kelangsungan TPQ tetap berjalan meskipun minimnya dukungan fasilitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Inilah yang menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dan menjadi tanggungjawab yang harus dipikul bersama-sama oleh ummat dan para pegiat dakwah lainya.

“Selama beberapa tahun berjalan anak-anak TPQ disini tidak hanya belajar membaca dan menyimak, tapi diisi juga dengan beberapa materi dinniyah”, jelas Ust Yudi yang sudah terjun bertahun-tahun mengajar di Gunung Tugel.

TPQ al Qomar 3

Selain itu, beberapa TPQ akhirnya dapat berdiri dimasing-masing mushola dusun sekalipun ala kadarnya dengan menempatkan para pengajar santri pengabdian pesantren yang dijadwal keliling dari satu tempat ke tempat lainya. Selain kegiatan TPQ kegiatan bakti sosial pun masih diadakan untuk memberikan semangat dan menguatkan ukhuwah antar warga masyarakat dan para walisantri TPQ.

“Pemberian kegiatan bakti sosial juga diselingi pemberian hadiah bagi anak-anak yang berprestasi dengan tujuan agar para santri dan orang tuanya dapat menumbuhkan semangatnya dalam belajar mengaji”, tambah Ust Yudi.

Ia juga menjelaskan, tidak hanya kepada anak santri yang berprestasi saja, melainkan kepada seluruh santri juga mendapatkan bingkisan agar tidak terjadi rasa iri kepada temannya, tetapi pada bingkisan untuk dibagikan keseluruhan berbeda dengan bingkisan yang berprestasi.”tutup Yudi

Keberadaan TPQ Al-Qomar mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk mental pribadi anak dan suasana lingkungan yang lebih baik serta menciptakan generasi qur’ani yang lebih baik. Hingga saat ini TPQ Al-Qomar mempunyai kurang lebih 250 santri yang terdiri dari anak-anak berbagi mushola dusun.

Kegiatan pengabdian lewat program TPQ adalah salah satu bentuk syi’ar dakwah dan khidmat kepada ummat yang sederhana namun benar-benar sangat bermanfaat dirasakan keberadaanya.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!