Wakaf-Pakaian-4

Hari Pahlawan, Tanmia Foundation Bagikan Wakaf Pakaian Untuk Masyarakat Pedalaman TTS NTT

170 Views

Wakaf Pakaian

Inisiasi program wakaf pakaian Tanmia Foundation mulai di distribusikan di perkampungan pedalaman Amanuban Timur, So’e Nusa Tenggara Timur pada (9/11/2021).

Tepatnya momentum hari pahlawan 10 November di Musholla Ismail kampung Toi’oh desa Pisan Kec. Amanuban Timur Kab. Timor Tengah Selatan warga sudah menanti-nanti kedatangan para relawan. Jama’ah musholla Ismail kampung Toi’oh memang sekitar belasan saja jumlahnya dan kampung tersebut berada di tengah-tengah mayoritas kristen. Namun demikian hubungan persaudaraan dan kekeluargaan terjalin harmonis dengan adanya kegiatan pembagian wakaf pakaian dan masih adanya juga hubungan tali darah keluarga untuk saling hidup menghargai satu sama lain.

Cikal bakal berdirinya musholla tersebut didirikan pada 2020 belum lama ini. Musholla Ismail namanya dinisbatkan kepada tokoh adat/orang tua yang pertama kali memeluk agama islam (Ismail Nomleni) di kampung tersebut. Jasanya sudah tak lagi sedikit hingga namanya terucap bak pahlawan yang sarat dengan pengorbanan dan perjuangan mengokohkan berdirinya musholla pertama di perkampungan tersebut. Beratnya jalan perintis tanpa tanda jasa dan jauh dari riuh tepuk tangan penghargaan.

Perjalanan letih dan terjal selama 2 jam dari Kota So’e menuju lokasi menjadi hilang seketika warga menyambutnya dengan untaian senyum dan rasa bahagia yang membuncah menerimanya dengan suasana hati lapang.

Giat kebaikan dan kepedulian masyarakat di perkotaan untuk mengumpulkan pakaian ibarat menggenggam benih yang siap disemai. Ada sebanyak 4 ton pakaian yang sudah siap didistribusikan ke titik-titik lokasi perkampungan. Berharap jalinan ukhuwah semakin kuat dibalik niat ikhlas bersama senyum tulus yang sederhana apa adanya.

“Langkah program ini dilakukan karena bagian kepedulian dan tanggung jawab sosial sebagai seorang muslim terhadap saudaranya,” kata Ustadz Zul salah seorang da’i asli setempat pada Tanmia.

Ia mengatakan, kondisi masyarakat di perkampungan tak dipungkiri masih banyak kesulitan dan berbagi wakaf pakaian adalah salah satu bagian solusi memenuhi kebutuhan pokok yang masih mampu diupayakan secara ringan dan kekeluargaan.

“Saya mewakili seluruh jama’ah mengucapkan terimakasih banyak kepada Tanmia Foundation atas program kepedulianya dan partisipasinya mendukung da’wah kami di pedalaman nusantara”, papar Ust Zulkifli Banfatin bersama
Ust Rustam Nomleni di lokasi.

“Kalau ada pakaian yang hendak dibagikan ke masyarakat secara kekeluargaan maka kami akan menerima dengan senang hati dan kami akan antarkan ke lokasi dengan pendekatan kekeluargaan dan penuh inisiatif,” pungkasnya.

Ali Azmi
Relawan tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!