sumur wakaf

Sumur Wakaf Untuk Jama’ah Masjid Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

247 Views

sumur wakaf 2 1024x768 - Sumur Wakaf Untuk Jama'ah Masjid Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Rangkaian program kegiatan wakaf sumur Tanmia Foundation di Kepulauan Sula Maluku Utara sampailah di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu. Perjalanan ke lokasi harus menempuh laut selama 12 dari Sanana ibukota Kepulauan Sula.

Titik pengerjaan wakaf sumur berada di Masjid Al Jihad Desa Waikadai Sula Kecamatan Taliabu Timur Selatan sudah memasuki tahap akhir finishing sejak 5/12/2021.

Peruntukan wakaf sumur untuk kemakmuran jamaah masjid ini adalah sinergi amanah para muhsinin dari majelis taklim Khairunnisa melalui Tanmia Foundation. Hadirnya sumur wakaf ini memang sudah lama dinantikan pihak masyarakat setempat ditengah pentingnya air layak di wilayah tersebut.

sumur wakaf 5 616x1024 - Sumur Wakaf Untuk Jama'ah Masjid Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

“Air tanah yang digali sebagian besar wilayah di Waikadai Sula kondisi airnya tergolong air payau hanya ada beberapa sumber mata air yang normal seperti sumber mata air yang digali di Masjid Al Jihad. Disini satu-satunya masjid yang banyak diambil airnya oleh belasan KK masyarakat untuk dikonsumsi. Selebihnya warga juga menampung curah air hujan untuk menambah debit persediaan airnya”, jelas Adi Nai warga Suku Waikadai Sula kepada Tanmia.

sumur wakaf 3 768x1024 - Sumur Wakaf Untuk Jama'ah Masjid Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Pulau Taliabu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Sula yang disahkan sejak tahun 2012. Untuk menjangkau lokasi tersebut, perjalanan memakan waktu 2 hari 2 malam dari Pelabuhan Ternate atau cukup semalam saja bila ditempuh dari Sanana Kepulauan Sula. Tidak ada akses jalan darat untuk ke lokasi sehingga kapal satu-satunya tranportasi menuju lokasi pemukiman warga setempat.

Kondisi masyarakat terdiri dari 3 suku yaitu suku Kadai yang mayoritas non muslim Suku Binongko dan Suku Sula. Aktifitas keseharian masyarakat berkebun pohon kelapa dan kebun campuran hasil semak hutan belukar selain itu ada beberapa yang berkecimpung sebagai nelayan musiman.

sumur wakaf 4 768x1024 - Sumur Wakaf Untuk Jama'ah Masjid Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Acara serah terima wakaf sumur Tanmia Foundation pun sangat penting bagi kehidupan masyarakat setempat ditengah kondisi geografis warga setempat yang terbilang cukup pedalaman. Akses listrik dan jaringan seluler pun boleh dibilang hanya ditempat dan waktu-waktu tertentu adanya.

“Kami tidak bisa membalas dengan materi apa apa hanya bisa mengirim doa kepada segenap muhsinin donatur dan Tanmia Foundation agar tetap diberi keberkahan dalam segala urusan apapun karena telah menyalurkan bantuan wakaf bagi kami tanpa memandang suku maupun status, semata-mata karena persaudaraan sesama muslim. Bantuan ini sangat membantu bagi kami”, tutup Marjan tetua masyarakat Waikadai pada relawan Tanmia.

 

Ali Azmi
Relawan tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!