Wakaf Sumur 5 775x517 - Kebahagiaan Santri Pesantren Nurul Amin Pulau Sakala, Wakaf Sumur Air Bersih Dari Tanmia Foundation

Kebahagiaan Santri Pesantren Nurul Amin Pulau Sakala, Wakaf Sumur Air Bersih Dari Tanmia Foundation

355 Views

Wakaf Sumur 4 1024x768 - Kebahagiaan Santri Pesantren Nurul Amin Pulau Sakala, Wakaf Sumur Air Bersih Dari Tanmia Foundation

Pengeboran Sumur Wakaf Tanmia Foundation di Pesantren Nurul Amin Masyarakat Pulau Sakala , Madura memasuki tahap finishing pada 20 /06/2021.

Pesantren yang berada di tengah-tengah Dusun Mandar Desa Sakala, Kecamatan Sapeken, Sumenep, Kepulauan Madura adalah bagian kebanggaan warga setempat untuk anak-anak mereka mengeyam pendidikan. Adanya pembangunan sumur bor serasa melepas bahagia setelah penantian panjang untuk mendapatkan akses air bersih yang cukup sulit.

“Alhamdulillah usai Syawal 1442 H program wakaf sumur Tanmia Foundation hadir dengan semangat kebaikan tanpa batas menghimpun para donatur, hadirkan sumur bor untuk pesantren dan kebutuhan masyarakat di sini. Insha Allah para santri dan masyarakat tidak akan kesulitan lagi air bersih, apalagi harus sampai keluar tenaga dan biaya ditengah kondisi seperti ini ” ujar Ulum staf di pesantren pada pihak Tanmia.

Menjangkau pulau Sakala menghabiskan waktu perjalanan laut selama 2 – 3 hari untuk sampai di lokasi, setiap kali senja menjelang banyak warga harus rela menginap menunggu datangnya kapal di pelabuhan baik ke dan dari Sumenep sebagai ibukota kabupaten.

Kesulitan mendapatkan air bersih yang layak konsumsi sudah berlangsung sejak lama sehingga masalah air layak konsumsi sangat vital terutama untuk para santri yang sekarang berjumlah ratusan mulai dari berbagai tingkatan.

“Saya sangat terkesan dengan kepedulian Tanmia Foundation dimana awalnya kami susah dgn air minum santri, lalu dengan dengan bantuan wakaf ini walaupun di alirkan langsung dari sumur dan di konsumsi langsung oleh santri kami sangat terbantu”, jelas Ust Asmawi selaku pengasuh pesantren yang berdiri sejak 1987 tersebut.

Wakaf Sumur 5 768x1024 - Kebahagiaan Santri Pesantren Nurul Amin Pulau Sakala, Wakaf Sumur Air Bersih Dari Tanmia Foundation

Menurut, Asmawi yang juga bagian pemuka agama masyarakat kampung Mandar, harapan mendapatkan fasilitas sarana air adalah bagian impian yang kini bisa terwujud. Namun, ia kemudian sangat bersyukur dan berterima kasih ketika Tanmia Foundation yang menyambangi kampung mereka untuk melakukan upaya pengadaan sumur bor.

Bagi warga pesantren kehadiran wakaf sumur menjadi berkah yang tidak terduga, titik terang pahala jariyahnya mulai terlihat saat air mengucur dari ujung pipa. “Mulai saat ini, santri sudah bisa menikmati air bersih. Harapannya juga kedepan semoga Tanmia ada melimpahkan rezeki agar air sumur ini lebih aman lagi di konsumsi oleh santri dan masyarakat dengan membantu kami di pesantren alat penyaringan sehingga menjadi air bersih”, tutup Asmawi dalam mengakhiri pembicaraanya via selulernya.

Asmawi dan warga lain sudah berpuluh tahun bercita-cita mendirikan sebuah harapan pesantren karena latar belakang masyarakat tertinggal dalam hal pendidikan agama Islam dan jauhnya jarak tempuh ke lembaga-lembaga yg maju di perkotaan.

Baginya pendidikan adalah hal yang istimewa bagi penduduk setempat begitu juga air bersih adalah barang langka. Semoga jariyah kebaikan mengalir jauh bagi siapa saja yang berandil didalamnya dan berkahnya seluas samudera lautan dimana terbentang pulau Sakala berada.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!