Senyum Para Santri Darul Hawariyyin Kangean, Sumur Wakaf Telah Mengalir

221 Views

Senyum santri bersama para pengasuh merekah lebar saat dikabarkan Tanmia Foundation akan melakukan pengeboran sumur di pesantren Darul Hawariyyin Pulau Kangean Sumenep Madura ( 14/-06/2021).

Pengeboran Wakaf Sumur Tanmia Foundation ini dalam rangka mencukupi kebutuhan air bersih santri di pesantren yang berada di dusun Aeng Lombi Torjek Kangean. Hal tersebut disambut baik oleh pihak pesantren bersama masyarakat setempat. Pesantren setingkat SMP/Tsanawiyah yang berdiri sejak 1997 tersebut menampung puluhan anak-anak yang berasal dari tetangga-tetangga pulau sekitarnya.

Ust Imaduddin, selaku pendiri pesantren merasa bersyukur dengan diterimanya program wakaf tersebut karena sangat membantu kelangsungan pesantren dengan adanya tambahan sumber pasokan air bersih bagi santri-santrinya.

“Alhamdulillah senang, bersyukur pengeboran sumur berjalan lancar sampai mendapatkan debit sumber air bersih sebagaimana yang diharapkan,” tutur Ust Karim pihak pengasuh pesantren saat dihubungi di Pulau Kangean, Selasa (15/06/2021) pagi.

Ia berkisah, sebelum adanya sumur bor para santri hanya bisa menikmati air yang debitnya terbatas dari sumber air sumur yang diambil dengan timba sejak berawal berdirinya pesantren. Debitnya pun sangat terbatas untuk kemampuan penampunganya. Biasanya untuk kebutuhan yang banyak memerlukan waktu untuk yang lama dalam menimba airnya. Air bersih sangat diperlukan untuk kebutuhan santri dan warga pesantren sebagai air minum, mandi, hingga mencuci.

Kegiatan menimba air untuk kebutuhan sehari-hari pesantren sudah berlangsung bertahun-tahun sehingga dengan adanya sumur bor wakaf Tanmia Foundation yang baru ini diharapkan akan memudahkan para santri nantinya. Ustadz Karim juga menuturkan, pengoperasian sumur ini akan mulai dioperasikan mulai waktu tahun ajaran baru 2021 ini tiba sehingga kebutuhan air secara keseluruhan warga pesantren dapat dilayani semua. In Sya Allah.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!