Masjid Baitul Izzah

Masjid Baitul Izzah, Magnet Syi’ar Islam Dan Dakwah di Banda Mulia Aceh Tamiang

225 Views

Masjid-Baitul-Izzah

Masjid Baitul Izzah adalah salah satu profil masjid tertua di wilayah Aceh Tamiang khususnya di Kecamatan Banda Mulia yang sekaligus keberadaanya tepat di pusat perbelanjaan dan ekonomi warga lingkungan setempat. Masjid ini kian kokoh berdiri setelah selesai dibangun rekonstruksi total sejak 2017 padahal sebelumnya kondisi fisik sempat mengkhawatirkan karena saking lama dimakan usianya.

Rangkaian kegiatan safari dakwah Tanmia Foundation di Aceh Tamiang berpusat di Masjid Baitul Izzah Telaga Meuku ibukota Kecamatan Banda Mulia. Berbagai jenis program dan kegiatan berlangsung selama sepekan penuh sejak (22 s/d 28 Mei 2021).

Kini Kabar gembira pun makin melengkapi dengan adanya program aktivitas masjid cukup beragam mulai dari kegiatan shalat berjamaah, kajian kitab tematik, kajian majelis taklim, musyawarah remaja masjid dan tempat berkumpulnya para jamaah baik tua maupun muda hingga para pelajar sekolah.

Masjid Baitul Izzah 2

Tak kalah pentingnya peranan masjid juga untuk mendekatkan dan menguatkan ukhuwah dengan masyarakat setempat. Apalagi dengan terselenggaranya kegiatan para asatidz Tanmia Foundation mengadakan kegiatan majelis taklim rutin yang dimulai ba’da shubuh setiap harinya menjadi animo semangat para jama’ah tersendiri.

Lingkungan masjid pun juga menjadi magnet pusat keramaian selain aktivitas ibadah juga kawasan pasar dimana kegiatan jual beli dan perputaran roda ekonomi Kecamatan Banda Mulia khususnya masyarakat Telaga Meuku dan Tanjung Keramat. Apalagi setiap hari Jum’at adalah hari pasar dimana banyak pedagang berdatangan dari berbagai daerah. Waktunya pun biasanya usai shalat Jum’at hingga selesai. Tak sedikit para pedagang berdatangan menggelar lapaknya beraneka ragam kebutuhan.

“Alhamdulillah, kedatangan para asatidz Tanmia Jakarta menjadi bagian kegiatan syi’ar dan dakwah di Masjid Baitul Izzah, ini merupakan tugas bakti pengabdian terhadap ummat”, ungkap Tengku Abdul Mu’id tokoh masyarakat sekaligus DKM Masjid Baitul Izzah dengan kelapangan hati menyambut rombongan safari dakwah di kediamanya.

Rangkaian rutinitas kegiatan memakmurkan masjid maupun meunasah ( mushola khas Aceh ) adalah sebuah kemuliaan dan kehormatan yang sudah berpuluh-puluh tahun dijalani oleh sosok Tengku Abdul Mu’id yang akrab sehari-hari disapa Tengku pemuka masyarakat oleh masyarakat dan jama’ah masjid setempat.

Usai Shalat Jum’at rombongan pamit untuk meninggalkan Aceh setelah usai rangkaian acara safari dakwah Tanmia kali ini. Banda Mulia adalah kecamatan pemekaran dari kecamatan Bendahara yang berpusat di Sungai Iyu.
Kehadiran para ustadz Tanmia Foundation disambut dengan lapang suka cita para Tengku dan tokoh masyarakat setempat, dari rumah ke rumah disambut dengan sapaan dan jamuan yang luar biasa tulus perhatianya.

Ust Rofiq Hidayat selaku pihak Tanmia Foundation bersyukur dapat bersilaturahim dengan para Tengku, Kiai, Guru dan tokoh masyarakat setempat yang telah sudi mengabdikan diri berkontribusi sangat besar dalam membangun daerah juga mendidik generasi muda Aceh Tamiang khususnya Telaga Meuku Banda Mulia. Terlebih menyiapkan proses kaderisasi anak-anak untuk memasuki pesantren sebagai generasi harapan penerus.

“Semoga para Tengku ini diberikan kesehatan, umur yang panjang dan istiqomah diberkahi Allah SWT,” ucap Ust Rofiq mewakili rombongan dalam salam jabat tangan ketika hendak pamit.

Safari Dakwah kali ini dalam harapan mampu menumbuhkan benih-benih kebaikan untuk melahirkan generasi gemilang yang mengajak umat dengan panduan Qur’an sehingga menumbuhkan keimanan dan semangat cinta terhadap bangsa dan tanah airnya dengan ikhlas sepenuh hati. Sebab hanya keikhlasan imanlah yang menggerakkan untuk mencintai agama dan bangsanya secara fitrah sebagai rasa syukur atas karuniaNya untuk menjaganya.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

 

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!