wakaf listrik

Wakaf Listrik Tanmia Foundation, Terangi Pemukiman Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

73 Views

wakaf listrik 2 1024x768 - Wakaf Listrik Tanmia Foundation, Terangi Pemukiman Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Bentuk pengabdian pada dakwah dan ummat Tanmia Foundation telah menghadirkan program wakaf listrik tenaga surya bagi warga pedalaman hingga ke pelosok negeri secara bertahap. Inilah bagian khidmatul ummah Tanmia Foundation dalam melakukan pembangunan infrastruktur dakwah melalui pembangunan sumber energi sederhana kelistrikan untuk kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Beberapa pemukiman penduduk Suku Waikadai Sula yang berada di Pulau Taliabu Maluku Utara baru-baru ini mendapatkan pemasangan LTSHE ( Lampu Tenaga Surya Hemat Energi ) AdyaSolar dari Tanmia Foundation ( 10/12/2021).

wakaf listrik 4 768x1024 - Wakaf Listrik Tanmia Foundation, Terangi Pemukiman Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Ada 3 unit LTSE AdyaSolar jenis portable yang diprioritaskan ini untuk desa-desa yang benar-benar belum teraliri listrik. Komunikasi pun dilakukan dengan pendekatan penduduk setempat yang memang sangat membutuhkan adanya penerangan listrik untuk kegiatan sehari-hari terutamanya para dhuafa dan para penggerak aktivitas kegiatan beribadah bersama-sama seperti halnya mengaji untuk anak-anak.

Seperti halnya yang dilakukan pemasangan LTSE di Perkampungan Ibu Dada Nuru Desa Waikadai Besar Kec. Taliabu Timur Selatan Kab. Pulau Taliabu. Tanmia Foundation telah memasang 3 paket wakaf listrik LTSE untuk dinikmati perkumpulan warga desa. Tiap paket wakaf listrik LTSE ini terdiri dari 5 titik lampu yang dapat beroperasi selama 24 jam dan praktis bisa portable dibawa kemana-mana pemasangannya sesuai kebutuhan warga.

wakaf listrik 768x1024 - Wakaf Listrik Tanmia Foundation, Terangi Pemukiman Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

“Wakaf listrik tenaga surya yang disalurkan melalui Tanmia Foundation memang fokus untuk melistriki fasilitas ibadah baik masjid maupun sekolah, pesantren, TPQ tempat mengaji anak-anak di pelosok desa maupun pedalaman yang sama sekali belum berlistrik,” ujar Teguh teknisi pengembang teknologi LTSE Adyasolar beberapa waktu lalu saat uji teknis pemasangan LTSHE.

Adanya program ini diharapkan mendorong giat kegiatan pendidikan dan dakwah di pedalaman juga menggairahkan laju perekonomian setempat bertahap. Seperti halnya pemasangan LTSHE di Ibu Dadanuru di salah satu perkampungan Pulau Taliabu ini adalah hal yang diprioritaskan oleh Tanmia Foundation.

wakaf listrik 5 766x1024 - Wakaf Listrik Tanmia Foundation, Terangi Pemukiman Suku Waikadai Sula Pulau Taliabu

Rekapitulasi hingga saat ini Desember 2021 ini ada 40 titik wakaf LTSE Adyasolar yang di amanahkan pada Tanmia Foundation telah dilakukan pemasangan diberbagai titik wilayah. Diantaranya di Sulawesi Tengah, Halmahera dan Morotai, Kepulauan Sula dan Taliabu Maluku Utara, TTS Nusa Tenggara Timur, TalangMamak Riau dan Kepulauan Nias Sumatera Utara.

Listrik tenaga surya dalam bentuk portable LTSHE sangat praktis dan mudah untuk digunakan warga serta perawatanya pun terbilang praktis dipahami warga yang notabenenya di pedalaman yang jauh dari akses teknologi.

Ali Azmi
Relawan Tanmia

No comments

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?”       (Q.S. Fushilat : 33)

Mailing form

    Kontak Kami

    Jl. Kranggan Wetan No.11, RT.1/RW.5, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17434

    0852-1510-0250

    info@tanmia.or.id

    × Ahlan, Selamat Datang!